SEKILAS INFO
: - Thursday, 06-05-2021
  • 11 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru telah dibuka.
  • 11 bulan yang lalu / Mulai 4 Juni 2020, layanan administasi berjalan seperti biasa.
, HARDIKNAS 2021, BEM STKIP Agama Hindu Singaraja Berikan Pelatihan Membuat “Loloh”

Singaraja – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Agama Hindu Singaraja menyelenggarakan pelatihan membuat loloh kunyit, gamongan dan beras kencur serta pembinaan berbahasa Inggris kepada 38 anak di Panti Asuhan Dana Punia Kabupaten Buleleng, Minggu (2/5/2021). Kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua III STKIP Agama Hindu Singaraja, Ketua Panti Asuhan Dana Punia, serta Pembina BEM ini dilaksanakan dengan tetap menjalankan protocol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua Panitia Kegiatan, Dewa Ayu Anom Budayanti menuturkan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya Bali dan memperkenalkan hal tradisional dalam bidang kesehatan kepada anak-anak panti asuhan. “Seperti yang kita tahu, loloh merupakan salah satu budaya Bali yang bisa dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, sekaligus kita mempertahankan budaya Bali itu sendiri,” ungkapnya. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini juga mengungkapkan bahwa selain mempererat hubungan dengan Yayasan Dana Punia, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan life-skill peserta pelatihan. “Tentunya dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan life skill adik-adik yang ada di Dana Punia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua STKIP Agama Hindu Singaraja, Dr. Drs I Wayan Suwendra, S.Pd., M.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan BEM kali ini. Hal ini terungkap ketika Suwendra memberikan sambutannya. “Bahwa BEM sudah ada peningkatan kinerja, karena telah memiliki sensitivitas terhadap situasi. Harapan kedepannya adalah disamping membuat kegiatan yang kreatif, juga bisa mempromosikan kampus, prodi dan sistem pembelajaran dengan kurikulum MBKM. Jadi, BEM sebagai bagian STKIP mampu berperan serta dalam promosi, pembinaan dan memperkenalkan kampus. Perlu gebrakan yang bersifat promotif,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Panti Asuhan Dana Punia, I Gede Arba Dana, S.H. ditemui di sela acara, ia mengungkapkan bahwa pelatihan ini akan bermanfaat bagi anak-anak terutama dalam bidang entrepreneurships. “Kepada BEM STKIP Agama Hindu Singaraja, saya sampaikan apresiasi karena telah memberikan pelatihan, tentunya akan bermanfaat bagi mereka (anak-anak, red) termasuk pengetahuan tentang apa yang bisa diperlukan dan cara membuatnya,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, 21 anggota BEM terjun langsung memberikan pelatihan pembuatan loloh yang dikomandoi oleh I Komang Ari Rediasa. Ia memaparkan materi terkait manfaat loloh, bahan yang diperlukan, cara pembuatan, cara mengemas hingga cara mempromosikannya sehingga bisa memiliki daya jual. Disamping itu, dalam kegiatan ini juga disematkan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris mengenal kosakata dengan metode games.

Sementara itu, Wakil Ketua III STKIP Agama Hindu Singaraja, Dr. Dra. Luh Asli, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Kegiatan ini salah satu bentuk apresiasi dan implementasi MBKM. Inilah upaya secara detail bagaimana mengaplikasikan talenta, ide anggota BEM dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Harapan saya kedepan kegiatan ini diharapkan supaya disharing lebih banyak lagi. Karena dari kompetensi yang mereka miliki adalah hasil belajar mereka sesungguhnya,” tutupnya. (pga)

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Tes Online Gelombang II Calon Mahasiswa Baru

Pelaksanaan Tes Online Calon Mahasiswa Baru STKIP AH Singaraja TA. 2020/2021

Latihan dan Uji Coba Test Online Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2020

Pendataan User Testing Mahasiswa Baru Tahun 2020

PENDAFTARAN BEASISWA UKT SEMESTER GANJIL TA 2020/2021

Info Beasiswa Bidikmisi di STKIP Agama Hindu Singaraja

Perkuliahan Selama Pandemi Covid-19

Kuliah Gratis SPP dan Uang Gedung

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial