SEKILAS INFO
: - Tuesday, 27-07-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru telah dibuka.
  • 1 tahun yang lalu / Mulai 4 Juni 2020, layanan administasi berjalan seperti biasa.
, Pelatihan Bahasa Sanskerta, STKIP Agama Hindu Singaraja Siapkan Lulusan Berdaya Saing

Pelatihan Bahasa Sanskerta, STKIP Agama Hindu Singaraja Siapkan Lulusan Berdaya Saing

Singaraja – Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Singaraja mengikuti Pelatihan Bahasa Sansekerta yang digelar oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Singaraja. Pelatihan yang digelar secara daring ini dengan tujuan agar mahasiswa mampu mengetahui dan lebih memahami Bahasa Sanskerta. Secara khusus, kegiatan ini menghadirkan tutor dari Yayasan Dvipantara Samskrtam. Pelatihan ini berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 13 Mei 2021 sampai dengan tanggal 23 Mei 2021 dan ditutup pada tanggal 25 Mei 2021. Dalam penutupan acara tersebut, dihadiri oleh Dr. Drs. I Wayan Suwendra, S.Pd., M.Pd. selaku ketua STKIP Agama Hindu Singaraja, Dr. Luh Asli, M.Ag. selaku Wakil Ketua III, Made Suyasa sebagai Pengurus yayasan Dvipantara Samskrtam dan peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Agama Hindu Singaraja, Dr. Drs. I Wayan Suwendra, S.Pd., M.Pd. menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pihak yayasan yang sudah bersedia memberikan pembelajaran Bahasa Sansekerta bagi mahasiswa STKIP Agama Hindu Singaraja dan peserta lainnya. Selain itu, Suwendra mengharapkan kegiatan ini bisa dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. “Saya mewakili pimpinan menyampaikan terima kasih atas bimbingan dari para tutor dalam pembelajaran Bahasa Sansekerta ini. Kami juga merencanakan untuk melanjutkan kelas Shibiram ke yang lebih tinggi, kalau bisa sampai tingkat mahir kursus Bahasa Sanskertanya. Sehingga nanti kami dapat setarakan pembelajaran Sanskerta ini untuk 4 SKS dalam mata kuliah Bahasa Sanskerta,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu pula, Danan Jaya selaku tutor memberikan kesempatan kepada para peserta untuk unjuk bicara dalam Bahasa Sansekerta guna untuk mengukur sejauh mana pemahaman dan pengucapan Bahasa Sanskerta mereka. Unjuk kebolehan tersebut mulai dari bercerita, menceritakan tentang cerita sehari-hari, hingga pengalaman selama belajar bahasa Sansekerta.

Putu Gita Astaningsih, peserta dari program Studi Pendidikan Agama Hindu mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa terutama bagi mereka yang terlibat langsung dengan Bahasa Sansekerta. “Kesan mengikuti Sanskerta ini jadi banyak menambah ilmu walaupun di kampus juga sudah ada mata kuliah Bahasa Sansekerta. Akan tetapi, dengan kelas belajar Sanskerta ini jadi bisa lebih paham lagi”. Lebih lanjut, Gita mengharapkan bahwa nantinya kegiatan ini dapat berlanjut untuk jenjang atau level yang lebih tinggi. “Harapan saya kita semua umat Hindu khususnya agar bisa belajar bahasa Sanskerta dengan tujuan menghindari pemahaman yang keliru dalam mengartikan Sasnkerta, terutama untuk yang tertulis dalam Weda. Jadi secara tidak langsung dengan mempelajari Sanskerta kita juga mempelajari bahasa Tuhan,” sambungnya. (Datul/Jurnalistik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Tes Online Calon Mahasiswa Baru Gel 1 Tahun 2021

Tes Online Gelombang II Calon Mahasiswa Baru

Pelaksanaan Tes Online Calon Mahasiswa Baru STKIP AH Singaraja TA. 2020/2021

Latihan dan Uji Coba Test Online Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2020

Pendataan User Testing Mahasiswa Baru Tahun 2020

PENDAFTARAN BEASISWA UKT SEMESTER GANJIL TA 2020/2021

Info Beasiswa Bidikmisi di STKIP Agama Hindu Singaraja

Perkuliahan Selama Pandemi Covid-19

Kuliah Gratis SPP dan Uang Gedung

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial