Pendidikan Nasional adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan bagi perannya dimasa yang akan datang yang berakar pada kebudayaan Bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Untuk mewujudkan cita-cita itu perlu diupayakan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai sasaran peningkatan kualitas manusia indonesia sebagai modal utama pembangunan bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja (STKIP) berpedoman pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, peraturan pemerintah Tahun 1990 tentang pendidikan tinggi, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1993 tentang Pendidikan Sekolah Tinggi dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehubungan dengan hal-hal diatas dan dalam rangka mendorong peningkatan dan pemerataan pembangunan di bidang pendidikan khususnya di Kabupaten Buleleng, telah didirikan satu lembaga pendidikan yang berbentuk STKIP Agama Hindu Singaraja yang berkedudukan di kota Singaraja.

STKIP Agama Hindu Singaraja Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakan untuk melahirkan tenaga yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang bermutu tinggi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dibidang pendidikan.

Saat ini STKIP Agama Hindu Singaraja memiliki lima Program Studi Sarjana (S1) yaitu:

  1. Pendidikan Agama Hindu
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Bahasa Bali
  4. Pendidikan Jasmani Olah Raga Kesehatan
  5. Penerangan Agama Hindu